Ukuran RCW 120 adalah 8 kali massa matahari

RCW 120 adalah gelembung galaksi dengan sebuah kejutan besar. Berapa besar? Setidaknya 8 kali massa Matahari. Shell terletak di sekitar gelembung besar ini merupakan embrio bintang yang tampaknya akan menjadi salah satu bintang terang di Galaxy.

Gelembung Galactic dikenal sebagai RCW 120. Terletak sekitar 4.300 tahun cahaya dan telah dibentuk oleh bintang di pusatnya. Bintang tersebut tidak terlihat pada panjang gelombang inframerah ini tapi mendorong pada sekitar debu dan gas dengan tidak lebih dari kekuatan cahaya bintang tersebut. Dalam 2,5 juta tahun bintang itu telah ada. Ini telah meningkatkan densitas materi di dinding gelembung sehingga kuantitas terjebak di sana sekarang bisa runtuh untuk membentuk bintang baru.

Simpul terang di sebelah kanan dasar gelembung adalah sebuah bintang, secara tak terduga besar embrio, dipicu ke formasi oleh kekuatan bintang pusat. Herschel pengamatan menunjukkan bahwa sudah berisi antara 8-10 kali massa Matahari. bintang hanya bisa mendapatkan lebih besar karena dikelilingi oleh awan yang mengandung 2000 massa matahari tambahan.

Tidak semua itu akan jatuh ke bintang, bahkan bintang-bintang terbesar di Galaxy tidak melebihi 150 massa matahari. Tetapi pertanyaan tentang apa berhenti jatuh ke masalah bintang adalah teka-teki bagi para astronom modern. Menurut teori, bintang harus berhenti membentuk di sekitar 8 massa matahari. Pada massa bahwa mereka harus menjadi begitu panas bahwa mereka bersinar kuat pada panjang gelombang ultraviolet.

cahaya ini harus mendorong hal sekitarnya jauh, sebanyak bintang pusat itu untuk membentuk gelembung ini. Tapi kadang-kadang jelas batas ini, massa telah terlampaui dinyatakan tidak akan ada bintang raksasa di Galaxy. Jadi astronom ingin tahu bagaimana beberapa bintang bisa tampak menantang fisika dan berkembang sangat besar. Apakah ini yang baru ditemukan embrio bintang ditakdirkan untuk tumbuh menjadi rakasa bintang? Pada saat ini, tidak ada yang tahu tetapi analisis lebih lanjut citra Herschel bisa memberi kami petunjuk yang tak ternilai.

Share

Baca Juga :