TIPS MEMILIH MODEM 3G HSDPA

Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk di kirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang di terima sehingga informasi tersebut dapat di terima dengan baik. Modem merupakan penggabungan keduanya. Artinya MODEM merupakan alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umumnya menggunakan bagian yang di sebut "MODEM" seperti VSAT, Microwave Radio dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih di kenal sebagai Perangkat Keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Cara Memilih Modem :
Memilih modem internet yang sesuai untuk keperluan internet sangatlah penting. Karena pilihan modem akan mempengaruhi harga yang harus anda bayar dan juga kualitas dari modem itu sendiri. Kecepatan akses
internet selain bergantung pada penyedia jaringan internet anda, juga sangat bergantung dari jenis modem internet yang dipakai. Sehingga sangatlah bijak jika anda ingin komputer anda tersambung dengan internet melalui modem maka terlebih dulu anda harus memperhitungkan kecepatan internet yang disediakan oleh penyedia internet anda. Apakah kecepatan dari paket layanan internet yang anda pilih hanya sebatas GPRS atau sudah mendukung 3G atau bahkan telah mendukung HSDPA dan HSUPA. Jangan sampai modem yang anda pilih tidak mampu menjembatani koneksi internet anda yang cepat atau tinggi. Dan juga jangan sampai sebaliknya. Pilihlah modem internet yang sesuai dengan kecepatan internet anda.

Modem Hebat, Harga Murah
Anda pasti bingung untuk memilih modem 3G/HSDPA yang bagus dengan harga yang paling murah. Apalagi pada zaman sekarang banyak sekali merk modem 3G dengan harga yang bervariasi seperti Modem Huawei, Siera, GT-Max, Toshiba, Novatel, Option, Speed Up, Area dan sebagainya.
3 cara yang tepat untuk memilih modem 3G HSDPA supaya anda memperolehnya denga harga yang murah :

1. Garansi
Di pasaran terdapat 3 jenis garansi yaitu : 1 Bulan, 3 Bulan dan 12 Bulan (1 tahun).
Biasanya untuk garansi yang makin singkat harga modemnya lebih murah, tetapi hal itu tidak menjamin modem tersebut bagus.
Jika kebetulan anda mendapatkan modem yang awet/tidak rusak, maka anda sedang beruntung, tetapi jika anda mendapatkan modem bermasalah dan sudah lewat masa garansi maka anda juga rugi besar.
Untuk memperbaiki modem tersebut juga memerlukan biaya dan setelah di hitung-hitung harganya bisa lebih mahal dari modem yang garansi 12 bulan (1 Tahun).
Jadi untuk amannya mendingan beli modem yang bergaransi 12 Bulan (1 Tahun) dan dari distributor resmi.


2. Merk
Zaman sekarang banyak sekali merk modem, antara lain : Modem Huawei, Siera, GT-Max, Toshiba, Novatel, Option, Speed Up, Area dan sebagainya.
Tetapi yang paling banyak di cari adalah 3G Huawei, HSDPA Sierra dan 3G Option.

Kelebihan Modem Huawei :
- Sudah sangat umum dan populer karena sudah di pakai oleh berbagai provider besar seperti Indosat IM2, Telkom Flash, Three, Vodafone  (Info dari Forum Of Nuclear Enginering Gadjah Mada University)
Model 3G Huawei E220

Kelebihan Sierra :
- Modelnya bagus dan Stylish made in Korea. 

3. Speed / Kecepatan (Mbps) :
Pada umumnya kecepatan suatu modem akan mempengauhi harga modem itu sendiri. Speed semakin tinggi (ada yang 7,2 Mbps, 3,6 Mbps, 1,8 Mbps) maka harga modemnya juga biasanya lebih mahal, begitu pila dengan sebaliknya. Ada juga yang menekankan HSUPA dimana uploadnya 2 Mbps lebih tinggi dari HSDPA. Untuk menyamanan anda yang sedang ingin membeli modem, sebaiknya pilih modem HSDPA 3G atau 3,5G yang terbaik dan best seller.

Semoga informasi ini berguna buat anda..........


Share

Baca Juga :